fbpx

Sudah Bukan Rahasia, Manfaat Buah Alpukat Sangat Banyak

Sudah bukan rahasia, ternyata manfaat buah alpukat sangat banyak. Buah tersebut banyak di konsumsi oleh orang di penjuru dunia. Buah alpukat baik untuk kesehatan dan juga untuk kecantikan. Lalu penyajian yang sangat bervariasi mulai dari dimakan langsung, dibuat sebagai minuman Jus, ataupun dicampur dengan makanan.

Alpukat merupakan jenis buah yang memiliki kandungan lemak tinggi, sekitar 20 kali lebih tinggi dibanding buah-buahan lain. Nama latin tanaman alpukat adalah Persea americana, diyakini berasal dari Amerika Tengah. Buah ini dikenalkan ke Indonesia oleh Hindia Belanda sekitar tahun 1920-1930. Belanda saat itu membawa alpukat ke Indonesia untuk memenuhi kebutuhan lemak masyarakat yang tinggal di pegunungan.

Berikut ini Holamin ingin memberikan info tentang manfaat buah alpukat bagi kesehatan kalian semua!

Menurunkan Kolesterol

Buah itu juga dapat menurunkan kolesterol atau natrium apa pun dan rendah lemak jenuh. Itulah sebabnya mengapa alpukat termasuk buah yang disukai. Ternyata manfaat buat alpukat sangat bergizi dan mengandung banyak vitamin.

Mengandung Lebih Banyak Kalium dari Pisang

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa memiliki asupan kalium yang tinggi dikaitkan dengan penurunan tekanan darah, yang merupakan faktor risiko utama untuk serangan jantung, stroke dan gagal ginjal. Kandungan kalium pada alpukat 14 persen. Nilai ini lebih tinggi dari pisang yang hanya 10 persen kalium.

Mengatasi Kanker

Kandungan alpukat lainnya adalah asam folat, Sobat Hola. Asam folat dalam alpukat ini cukup tinggi. Mengonsumsi makanan dengan kandungan asam folat yang tinggi diketahui berpotensi melindungi tubuh dari risiko beberapa jenis kanker, seperti kanker usus besar, lambung, hingga pankreas. Menurut peneliti, asam folat melindungi sel terhadap mutase yang tidak diingiankan dalam DNA dan RNA dalam pembelahan sel. Ada juga penelitian laboratorium yang menemukan bahwa kandungan senyawa avocatin B dalam alpukat bisa membantu membasmi sel kanker darah (leukimia).

Banyak Serat untuk Turunkan Berat Badan

Serat adalah nutrisi lain yang relatif kaya pada alpukat Serat dapat berkontribusi pada penurunan berat badan, mengurangi lonjakan gula darah, dan sangat terkait dengan risiko rendah dari banyak penyakit. Ada beberapa bukti bahwa alpukat adalah makanan yang dapat menurunkan berat badan. Dalam sebuah penelitian, orang yang makan alpukat akan merasa 23% lebih kenyang dan memiliki keinginan 28% lebih rendah untuk makan 5 jam berikutnya, dibandingkan dengan orang yang tidak mengkonsumsi buah ini.

Jika ini benar dalam jangka panjang, maka memasukkan alpukat ke dalam diet kamu dapat membantu kamu makan lebih sedikit kalori. Alpukat juga tinggi serat dan sangat rendah karbohidrat. Dua hal ini tentunya dapat menurunkan berat badan juga.

Menyerap Nutrisi

Satu studi menunjukkan bahwa menambahkan alpukat atau minyak alpukat ke salad dapat meningkatkan penyerapan antioksidan 2,6 hingga 15 kali lipat. Jadi, alpukat dapat meningkatkan nilai gizi makanan nabati lain yang kamu makan. Hal ini dapat kamu jadikan alasan memasukkan sumber lemak sehat saat makan sayuran.

Melindungi Mata

Buah alpukat mengandung lutein dan zeaxanthin, keduanya merupakan jenis vitamin karotenoid. Baik lutein dan zeaxanthin, sama-sama bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, misalnya dengan menyerap gelombang cahaya yang bisa menyebabkan gangguan penglihatan. Selain itu, buah alpukat juga mengandung antioksidan beta-karoten. Antioksidan ini baik untuk mencegah degenerasi makula. Degerasi makula merupakan penurunan kualitas penglihatan yang biasanya dialami orang lanjut usia. Studi menunjukkan bahwa mereka yang terkait dengan risiko katarak dapat berkurang secara drastis karena makan alpukat.

Karena itu, makan alpukat bermanfaat bagi kesehatan mata Sobat Hola dalam jangka panjang. Kalian semua pasti baru mengetahui ternyata alpukat dapat melindugi mata kan? Biasanya kan untuk melindungi mata itu biasanya Wortel, Holamin memberikan tips untuk melindungi mata kalian!

baca juga: Cara Menghilangkan Strees Akibat Kelelahan

Menurunkan Stres

Kandungan folat yang tinggi pada buah alpukat dapat mengurangi resiko depresi. Kandungan dalam buah alpukat ini dapat membantu mencegah penumpukan homocysteineHomocysteine merupakan zat yang mengganggu sirkulasi pengiriman nutrisi ke otak. Kandungan homocysteine dapat mengganggu suasana hati, seperti susah tidur, nafsu makan berkurang dan stres.

Detoks Tubuh

Manfaat alpukat ternyata bisa dijadikan sebagai bahan detoks alami. Hal ini akan membantu kamu membuang berbagai racun dalam tubuh. Dengan setiap hari mengonsumsi jus alpukat ini, sudah pasti tubuh akan lebih sehat dan bugar.

Jadi, Kalian semua bisa menjadwalkan untuk memakan buah Alpukat, ternyata banyak manfaat untuk tubuh kita!

Leave a Reply