fbpx

Manfaat daging sapi yang belum kamu ketahui

Banyak orang bilang manfaat daging sapi tuh untuk massa otot, mencegah anemia, membantu penunjang olahraga dll. Tapi masih banyak orang yang gak tau manfaat lain dari daging sapi ini.

Apalagi kamu yang merayakan hari raya Idul Adha yang diperingati dengan melakukan salat Ied dan memotong hewan kurban.

Tak lupa, sebagai pelengkap, berbagai olahan daging sapi seperti sate, rendang, rawon, gulai, tongseng, semur, maupun masakan lainnya menjadi makanan yang tak terlepas dari sebuah perayaan hari raya umat Muslim.

Daging sapi merupakan salah satu jenis bahan masakan yang paling disukai, karena banyak mengandung zat besi, protein dan kebutuhan nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh kita.

Namun, daging sapi sama sekali tidak mengandung serat. Maka dari itu, konsumsi daging sapi harus dibarengi dengan asupan serat dari sayur atau buah.

Dilansir dari Healthline, manfaat daging sapi tentunya tidak terlepas dari kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.

Keunggulan dari kandungan daging sapi adalah kadar sodiumnya yang rendah. Selain itu daging sapi juga merupakan sumber dari protein, vitamin B3, vitamin B6, vitamin B12, zinc, selenium, dan fosfor.

Berdasarkan akun Twitter Kementerian Pertanian Republik Indonesia, manfaat makan daging sapi bagi kesehatan, yaitu:

manfaat daging sapi

  • Meningkatkan Sistem Imun

    Kandungan protein hewani yang terkandung dalam daging sapi mampu memperbaiki sel tubuh yang rusak, hingga meningkatkan fungsi otak.

    Kandungan zat besi berfungsi sebagai pengikat oksigen dalam tubuh, membantu proses metabolisme, dan menjaga suhu tubuh agar tetap stabil.

    Diet

  • Menjaga Berat Badan

    Mengkonsumsi daging sapi dengan pas dan tanpa lemak dapat menjaga berat badan, karena, daging sapi kaya protein sehingga mampu meningkatkan metabolisme dan menahan rasa lapar.

    Tapi konsumsinya jangan terlalu berlebihan juga lho guys, terutama untuk kamu yang sedang diet, makan daging sapi memiliki resiko kecanduan untuk makan terus (karena rasanya yang lezat yummy!)Sebisa mungkin kamu catat berapa kali seminggu idealnya untuk makan daging sapi. Karena sifat daging yang bisa bikin gemuk, maka ketika kamu makan daging sapi, lalu kamu ngerasa berat badanmu naik, kurangi porsi makan dagingnya sehingga berat badanmu tetap terjaga. Kuncinya adalah uji coba dan test berapa kali seminggu kamu bisa makan daging sapi untuk menjaga berat badanmu tetap ideal. (Kuncinya adalah test)

    Manfaat daging sapi

  • Mempercepat Penyembuhan Luka

    Manfaat daging sapi membantu mempercepat penyembuhan luka. Salah satu penyebab kenapa penyembuhan terhadap luka jadi lambat karena terhambatnya penyaluran oksigen ke jaringan yang rusak.

     

    Lalu orang-orang yang kekurangan mineral juga salah satu faktor kenapa proses penyembuhan luka itu lambat.Kekurangan mineral dapat menunda pembentukan dan perbaikan jaringan. Mineral berperan penting dalam penyembuhan, karena berperan mendistribusikan oksigen lewat darah.

    Beruntungnya, bagi kamu yang suka konsumsi daging sapi tidak akan pernah deh kekurangan mineral, karena kandungan daging sapi yang mengandung mineral.Heart

  • Membantu Fungsi Jantung

    Dengan porsi yang tepat, daging sapi tanpa lemak sangat baik untuk kesehatan jantung.

    Memakan daging sapi dengan olahan yang tepat, seperti direbus atau dipanggang, dapat menurunkan tekanan darah tinggi.
    skin care

  • Menjaga Kesehatan Kulit

    Manfaat daging sapi membantu regenerasi kulit agar tidak kusam, menghilangkan noda hitam pada wajah, mencegah penuaan dini karena mengandung mineral dan nutrisi.

    Zat antikarsinogenik di daging sapi mencegah pertumbuhan kanker, termasuk kanker kulit.

Oh ya jangan lupa lupa, kalau kamu juga tertarik untuk mengetahui manfaat daging kambing (makanan terfavorit orang waktu kurban hehe) bisa disimak disini ya.

 

 

 

Leave a Reply