fbpx

10 Makanan Tinggi Protein yang Wajib di Konsumsi Setiap Hari!

Halo Sobat Hola yang sedang berbahagia!  Kalian tahu nggak protein dapat menjaga dan meningkatkan kualitas otot dan organ-organ di badan kita. Dengan mengkonsumsi protein yang tepat kita bisa mendapatkan badan yang ideal. Rata-rata kita memerlukan sebanyak 50 gram protein setiap harinya. Nah, makanan apa aja sih yang bisa memenuhi keperluan protein kita setiap harinya. Kali ini Holamin akan ngebahas 10 makanan tinggi protein untuk badan ideal.

1. Brokoli

Brokoli

Urutan pertama makanan tinggi protein adalah brokoli. Brokoli adalah salah satu sayuran yang tinggi protein. Yaitu 22,8 gram/100gram. Sayuran brokoli ini dapat dimakan secara mentah ataupun dimasak. namun menurut riset manfaat sayur brokoli bisa dimaksimalkan kalau kamu mengukusnya. Kamu juga bisa mengolah sayur brokoli menjadi jus dan sup sesuai dengan keinginan kamu.

2. Kacang Almond

almond

Kacang almond dalam 100 gram kacang almond memiliki protein 21,6 gram. Kacang almond ini manfaatnya banyak banget. Salah satunya membantu mengendalikan berat badan. Nah, kacang almond itu mengandung karbohidrat lebih rendah serta tinggi protein dan juga serat. Jadi, kamu bisa merasa bisa merasa kenyang dalam jangka waktu yang relatif lama. Sehingga berpotensi mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi secara keseluruhan.

3. Tahu

tahu

Tahu memiliki protein 8gram dalam 100 gram. Tahu merupakan salah satu produk kedelai yang cukup populer dan juga memiliki kalori yang rendah. Selain itu, tahu juga kaya akan nutrisi yang bisa menjadi sumber energi. Ini cocok bagi kamu yang ingin menjaga berat badan dan memfokuskan pada otot-otot di badan kamu.

4. Tempe

tempe

Banyak yang sering membandingkan protein mana yang lebih tinggi antara tahu dan tempe yang sama-sama berasal dari produk kedelai. Nah ternyata, tempe memiliki protein yang lebih banyak dibanding tahu. Tempe memiliki protein 16 gram dalam jumlah 100 gram. Tempe juga bisa diolah menjadi beragam makanan, Seperti tempe orek, bacem dan masih banyak lagi.

5. Susu

Susu mengandung protein sebanyak 3,5 gram per 100 gram nya. Kandungan protein susu juga berbeda-beda tergantung jenis susunya. Rata-rata jenis susu seperti susu kambing memiliki jumlah protein 3,6 gram dalam 100 gramnya. Sedangkan 100 gram susu almond mengandung 4 gram protein dan 10 gram susu sapi memiliki jumlah protein 3,4 gram.

6. Keju

Kandungan protein dalam keju berbeda-beda di setiap jenisnya. Tapi keju permesan, keju swiss, keju pecorino, keju edam dan keju gouda rata-rata memiliki jumlah protein sebanyak 35 gram per 100 gram. Oiya, tahu gaksih Sobat Hola, makan keju bisa membantu kamu yang lagi diet lho! Soalnya keju butuh waktu lama untuk diproses tubuh kita. Sehingga makan keju bakalan buat kamu kenyang lebih lama.

7. Telur

telur

Kalau yang ini pasti kalian udah pada tahu, namun jenis telur juga memiliki jumlah protein yang berbeda-beda sesuai dari jenis telurnya. Seperti satu butir telur ayam atau 90 gram telur ayam mengandung protein sebanyak 12,8 gram. Sedangkan 1 butir telur bebek atau 90 gram telur bebek mengandung protein sebesar 13,1 gram.

Nah, yang menariknya bagian putih dan kuning telur juga memiliki kandungan protein yang berbeda kuning telur memiliki jumlah protein sebanyak 16,3 gram dan putih memiliki 10,8 gram.

Baca jugaInilah 7 Makanan Sehat yang Baik Untuk Kesehatan Otak

8. Ikan

ikan

Ikan kaya akan protein. 1 porsi ikan salmon berukuran 3 ons mengandung 16 gram protein dan lemak omega 3 yang baik untuk kesehatan jantung. Tak hanya salmon, beragam jenis ikan lainnya juga tinggi protein.

9. Daging merah

manfaat daging kambing

Daging merah atau red meat merujuk pada daging sapi, kambing atau domba yang baik untuk tubuh. Untuk daging sapi sendiri dalam 100 gramnya memilik protein sebesar 26 gram. Untuk daging kambing untuk 100 gramnya memiliki jumlah protein 27 gram. Dan yang terakhir daging domba dalam 100 gramnya memiliki jumlah protein sebesar 25 gram.

Selain itu, selain menjadi sumber protein, Daging juga merupakan sumber vitamin b12 dan zat besi.

10. Dada Ayam

dada ayam

Dada ayam adalah sumber protein yang tinggi. Apalagi jika kamu memakan dada ayam tanpa kulitnya. Untuk 100 gramnya dada ayam memilik protein sebanyak 31 gram! Dan rata-rata 1 dada ayam bisa mengandung protein sebanyak 53 gram! Kamu bisa mengolah dada ayam ini dengan cara direbus dan dikukus agar kandungan protein yang ada pada dada ayam bisa tetap optimal.

Nah itu dia 10 makanan tinggi protein yang bisa bantu badan kamu jadi ideal. Inget yaa, protein itu sangat penting. Selain jadi sumber energi, protein juga membantu agar badan kamu jadi ideal. Nah buat kalian yang mau tahu cara mengolah makanan tinggi protein yang kita sebutin, kamu bisa cek resep-resepyang mengandung makanan tinggi protein di internet ya!

Leave a Reply