fbpx

Kenapa sih hidup selalu harus ada masalah?

Kalau kamu yang hidupnya punya banyak masalah, pasti pernah berpikir seperti ini dalam suatu momen…

Kenapa sih hidup harus ada masalah?

Kenapa sih masalah ini muncul lagi…muncul lagi?

Seakan-akan masalah selalu muncul bertubi-tubi sampai membuat kamu muak buat ngadepinnya.

Sehingga membuat kamu mencari pelarian dari masalah seperti main game, nonton film berlebihan, minum bir, nonton video porno, dan kebiasaan merusak lainnya.

Ok, sini-sini biar aku jelaskan asal-usulnya, kenapa masalah itu tetap ada dalam sepanjang hidup kita.

ada masalah

Asal-Usul Adanya Masalah

Semenjak ribuan tahun yang lalu, semenjak manusia terlahir ke dunia ini, mereka tidak akan luput dari yang namanya masalah.

Masalah itu muncul dalam pekerjaan, hubungan, kegiatan, kesehatan, kelahiran, kematian dll.

Seakan-akan itu sudah takdir manusia untuk hidup berdampingan dengan masalah ( ngeri juga ya!! )

Lalu pertanyaannya tuh begini, kenapa sih masalah itu bisa muncul?

Jawabannya cukup simpel…

Karena dunia ini tidak sempurna.

Tidak sempurna seperti yang ada di film-film (terutama drakor tuh)

Di dunia ini, akan selalu tercipta yang namanya ketidakseimbangan jika ada sesuatu yang baru. Singkatnya, akan muncul masalah baru jika kamu melakukan hal yang baru.

Seperti contohnya tuh begini…

Kamu saat ini frustrasi dengan pekerjaanmu, lalu kamu keluar dari pekerjaan karena punya masalah dengan rekan, bosnya dan mencari pekerjaan lain lagi dengan mengikuti kelas online dengan harapan langsung dapat pekerjaan. Tapi dengan kamu mengikuti kelas tersebut, apakah kamu 100% dapat pekerjaan? Kalau tidak ya itulah masalah baru yang muncul.

Lalu ada contoh kasus lagi, kalau seandainya kamu saat ini berhasil dalam karirmu. Tapi tiba-tiba teman lamamu satu per satu mulai meninggalkanmu dengan alasan kamu sudah berubah jadi orang yang berbeda. Padahal kamu sudah mencapai hal yang baru dengan harapan kalau pandangan orang terhadapmu tuh bagus, tapi kok malah jadi ninggalin yah? hmm kenapa coba?

Jadi penting ya untuk selalu dipusingkan dengan masalah baru yang muncul hehehe.

ada masalah

Cara Menghadapi Masalah dengan Pede

Ok, kamu udah tau nih masalah tuh lahir karena dunia yang tidak sempurna. Tapi kamu punya pertanyaan lagi…

Trus gimana dong biar masalah gw cepat kelar?”

Gw pusing nih kena masalah terus!

Cara menghadapi masalah itu hanya bisa dihadapi dengan persepsi yang benar. Lho kok bisa?

Jadi begini, masalah itu akan selalu muncul tak terduga. Bentuknya pun bisa seperti orang terdekat kita sakit, bisa jadi kita yang kena penyakit kritis. Tidak ada yang pasti.

Dalam memandang kehidupan ini, kamu harus tau yang namanya hidup ini tidak pasti.

Tidak ada yang pasti untuk hasilnya, cuma ada dua hal yang bisa kita kendalikan yaitu usaha dan persepsi. Hasilnya tergantung Tuhan yang mengatur.

ada masalah

Kalau seandainya kamu gagal menyelesaikan masalah tersebut, ya tinggal pivot aja dan cari cara yang baru. Gitu aja kok repot. Kita lakukan yang terbaik dan biarkan dunia yang membuatnya terjadi.

Dan cara kamu memandang masalah itu juga penting. Kalau kamu memandangnya sebagai kutukan, gimana hidupmu bisa tenang? Tapi sebaliknya kalau kamu memandang masalah sebagai anugerah, kamu bakal selalu penasaran untuk menyelesaikannya seperti kamu bermain game.

Nah pertanyaan dariku untuk kalian adalah apakah kamu senang menyelesaikan masalah dalam hidup seperti layaknya bermain game? (tahu ya kalau kamu kalah terus di game, pasti kamu punya kecenderungan untuk bermain berjam-jam sampe kamu nemu jalan keluarnya)

Begitu juga dengan kenyataan, kamu harus punya pendekatan yang sama untuk menghadapi masalah seperti layaknya bermain game.

Nah ada juga nih bagian paling penting untuk pede nyelesain masalah, bisa kamu simak yah dari artikel ini

Untuk kamu yang penasaran lebih lanjut tentang cara menyelesaikan masalah, bisa kamu simak juga artikel ini

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply