fbpx

Inilah 7 Makanan Sehat yang Baik Untuk Kesehatan Otak

Halo Sobat Hola yang budiman! Artikel kali ini akan ngebahas tentang makanan sehat yang baik untuk kesehatan otak. Makanan sehat yang baik untuk perkembangan otak adalah makanan yang rata-rata memiliki berbagai kandungan nutrisi yang penting. Otak merupakan bagian penting yang dapat memengaruhi seluruh kehidupan manusia, khususnya dalam mengendalikan kinerja tubuh.

Otak adalah organ yang membutuhkan nutrisi tinggi dan menggunakan sekitar 20 persen kalori tubuh, sehingga perlu mempertahankan konsentrasi yang baik sepanjang hari. Apalagi dengan fungsinya yang begitu penting bagi manusia, otak memerlukan berbagai vitamin dan nutrisi lainnya, seperti omega-3.

Berikut makanan sehat yang baik untuk perkembangan otak manusia:

1. Alpukat

Avocado

Alpukat merupakan salah satu makanan sehat yang baik untuk kesehatan otak. Alpukat kaya akan vitamin E dan tinggi oksidan vitamin C yang berguna untuk menurunkan resiko terkena alzheimer. Alpukat juga merupakan buah yang tinggi lemak tak jenuh, lemak tersebut berkontribusi terhadap kesehatan sirkulasi darah. Aliran darah yang sehat bertanda bahwa otak juga sehat.

Baiknya konsumsi alpukat antara seperempat hingga 1/2 buah untuk satu kali makan dalam satu hari.

2. Ikan

ikan

Ikan memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang baik. Omega-3 dapat membantu membangun membran di sekitar setiap sel dalam tubuh, termasuk sel-sel otak. Karena itu, mereka dapat memperbaiki struktur sel otak yang disebut neuron. Sebanyak 60 persen komposisi otak merupakan lemak, terutama lemak jenis omega-3. Otak menggunakan omega-3 untuk membangun sel saraf di otak, sel ini berperan dalam proses belajar dan mengingat.

Sebuah studi tahun 2017 menemukan bahwa orang dengan kadar omega-3 yang tinggi mengalami peningkatan aliran darah di otak. Para peneliti juga mengidentifikasi hubungan antara tingkat omega-3 dan kognisi yang lebih baik, atau kemampuan berpikir. Hasil ini menunjukkan bahwa makan makanan yang kaya omega-3, seperti ikan berminyak, dapat meningkatkan fungsi otak.

3. Brokoli

Brokoli

Brokoli adalah sayuran yang kaya akan vitamin k yang dikenal efektif meningkatkan fungsi kognitif dan meningkatkan kemampuan otak. Brokoli juga mengandung senyawa glucosinolates tinggi, yang berfungsi memperlambat kerusakan pada neurotransmitter, asetilkolin, yang dibutuhkan agar sistem saraf pusat dalam otak bisa bekerja dengan baik dan sekaligus menjaga kesehatan otak dan ingatan yang tajam.

Tak hanya itu, brokoli juga kaya dengan molekul antioksidan dan zat yang melindungi dari peradangan. Zat antiradang dan antioksidan ini dipercaya ahli membantu mencegah kerusakan otak. Nah, sudah tahu kan? Mulai sekarang Sobat Hola harus banyak mengkonsumsi brokoli ya!

4. Buah Beri

berries

Mengonsumsi buah berry, khususnya blueberry, efektif untuk memperbaiki atau menunda hilang ingatan sesaat. Buah-buahan berry juga mengandung polifenol, molekul antioksidan yang dikenal bermanfaat untuk otak. Blueberry juga membantu melindungi otak dari stres oksidatif dan dapat mengurangi efek dari kondisi kognitif lain yang berhubungan dengan usia, seperti Alzheimer dan demensia.

Penelitian menemukan bahwa blueberry, strawberry, dan acai berry dapat membantu menghentikan kemampuan kognitif yang menurun akibat usia dengan memelihara mekanisme “bersih-bersih” otak, yang bisa usang seiring bertambahnya usia. Bagaimana Sobat Hola? Sangat bagus kan ternyata buah berry untuk otak.

5. Kacang-kacangan

almond

Kacang-kacangan termasuk makanan sehat yang baik untuk otak juga lho! Kacang-kacangan mengandung lemak baik, protein, vitamin E dan antioksidan yang dapat melindungi sel-sel dari stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Seiring bertambahnya usia seseorang, otak mereka mungkin terkena stres bentuk oksidatif ini, dan karena itu vitamin E dapat mendukung kesehatan otak di usia yang lebih tua.

Sebuah studi tahun 2014 menemukan bahwa asupan kacang yang lebih tinggi dikaitkan dengan fungsi otak yang lebih baik pada usia yang lebih tua. Untuk vegetarian, kamu bisa mempertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen omega-3 berbahan dasar nabati, juga cukupi asupan alami dengan menambahkan chia seed, biji rami, kacang kedelai, biji labu, kacang walnut, dan minyaknya, yang juga tinggi vitamin E.

6. Telur

telur

Telur menjadi salah satu makanan untuk otak yang sangat mudah ditemukan. Telur mengandung folat, vitamin B6, vitamin B12, dan kolin. Apalagi, seperti yang telah diketahui, vitamin B sangat bermanfaat dalam menunjang kesehatan sistem saraf dan fungsi otak. Vitamin B dibutuhkan untuk menghasilkan zat kimia pada otak (neurotransmitter) yang berperan sebagai penghantar sinyal pada saraf, serta membantu tubuh menggunakan energi.

Kolin merupakan nutrisi yang diperlukan tubuh untuk memproduksi asetilkolin, neurotransmitter yang berperan dalam pengendalian mood dan daya ingat. Studi terkait kolin menemukan, kadar nutrisi ini yang cukup dikaitkan dengan fungsi mental dan daya ingat yang baik. Sekedar informasi saja buat Sobat Hola semua, kolin sebagian besar terkonsentrasi pada kuning telur, sehingga sangat sayang sekali jika Sobat Hola tidak memakan kuning telurnya.

7. Cokelat Hitam

coklat hitam

Makanan sehat terakhir yang baik untuk kesehatan otak adalah cokelat hitam. Cokelat hitam mengandung kakao. Kakao mengandung flavonoid, sejenis antioksidan. Antioksidan sangat penting untuk kesehatan otak, karena otak sangat rentan terhadap stres oksidatif, yang berkontribusi terhadap penurunan kognitif yang berkaitan dengan usia dan penyakit otak.

Baca juga, Pola Hidup Sehat Sandiaga Uno, Ternyata ini Rahasianya!

Para peneliti menyimpulkan bahwa mengonsumsi cokelat hitam jenis ini dapat meningkatkan plastisitas otak, yang sangat penting untuk pembelajaran, dan juga dapat memberikan manfaat lain yang terkait dengan otak.

Leave a Reply