fbpx

Dapat Menyembuhkan Penyakit, Ini 5 Manfaat dari Pelukan

 

Halo Sobat Hola! Pelukan adalah suatu tindakan yang umumnya dapat dilakukan ketika ada yang bersedih maupun bahagia. Secara reflek kita akan memeluk orang yang kita sayangi ketika melihat ia tengah menangis atau senang. Riset telah membutikan bahwa pelukan ternyata memiliki manfaat fisiologis yang positif terhadap kesehatan dan suasana hati loh Sobat Hola. Manfaat pelukan juga ternyata tak hanya berlaku oleh sang penerima pelukan tetapi juga dapat dirasakan oleh yang memberi pelukan tersebut. Berikut 5 manfaat dari pelukan:

1. Mengurangi Stress

hug

Memberi pelukan hangat pada seseorang yang tengah mengalami suasana tertekan terbukti mengurangi stress lho. Para ilmuwan menyebut, dukungan yang diberikan melalui sentuhan seperti pelukan dapat mengurangi stres yang dirasakan. Mengutip Healthline, saat pelukan yang menenangkan itu diberikan, otak akan merespons dengan cara yang sama.

2. Mengurangi Resiko Infeksi

medicine

Sobat Hola yang budiman. Nyatanya pelukan dapat meredakan stres sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh lho. Dengan meningkatnya daya tahan tubuh, risiko infeksi pun akan semakin berkurang. Mengutip Psychology Today, sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Psychological Science menyelidiki hubungan antara pelukan, dukungan sosial, dan risiko infeksi. Rata-rata peserta menemukan pelukan setiap harinya.

Pada kesempatan lain, peneliti memasukkan para peserta ke dalam ruang isolasi dan menginjeksikan virus flu ringan. Hasilnya, seberapa sering seseorang dipeluk memengaruhi risiko infeksi. Tak ada aturan tentang seberapa banyak pelukan yang harus didapat setiap harinya. Yang jelas, semakin banyak pelukan, semakin banyak manfaat yang bisa didapat. Secara medis juga telah terbukti kalau dengan pelukan jadi cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Tekanan lembut pada tulang dada menciptakan stimulasi pada kelenjar thymus yang mengatur dan menyeimbangkan produksi sel darah putih dalam tubuh, dan ini dapat membantu menjaga tubuh kita tetap sehat dan bebas dari penyakit.

3. Mencegah Penyakit Jantung

sick

Pelukan dengan orang yang tersayang merangsang tubuh mengeluarkan oksitosin. Oksitosin tersebut dapat menyebabkan kita merasa lebih rileks, menurunkan ketegangan dan kadar hormon stres yang disebut kortisol. Kortisol bertanggung jawab atas tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Itu sebabnya pelukan secara teratur dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Studi lain yang diadakan oleh University of North Carolina telah membuktikan bahwa pelukan itu baik untuk kesehatan jantung seseorang.

Sekitar 200 orang dibagi menjadi 2 kelompok:

Sebelum stres, kelompok pertama menonton video romantis selama 10 menit dan berpegangan tangan satu sama lain dan saling memberikan pelukan 20 detik sesudahnya. Kelompok kedua tidak memiliki kontak fisik tetapi beristirahat selama 10 menit dan kemudian 20 detik sebelum terkena stres.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok pertama memiliki tekanan darah rendah serta detak jantung yang lebih stabil, yang berarti orang yang mendapatkan pelukan dan dukungan teratur lebih tahan terhadap stres, yang menguntungkan kesehatan jantung mereka.

4. Mengatasi Mood

good vibes

Setiap manusia memiliki kadar perubahan mood yang berbeda. Ada yang sangat cepat berubah mood, ada juga yang sebaliknya. Saat kita memeluk seseorang, tubuh akan memproduksi hormon serotonin. Hormon ini berfungsi mengatur mood. Mereka yang menderita depresi juga bisa dikaitkan dengan kekurangan hormon ini. Jadi, jika mood kalian sedang buruk, cobalah untuk memeluk orang yang kalian cintai.

Jangan lupa baca, 5 Kebiasaan yang Bisa Meningkatkan IQ Kamu!

5. Dapat Mengurangi Rasa Sakit

sick

Manfaat dari pelukan ternyata dapat menyembuhkan rasa sakit lho. Dalam sebuah studi yang diadakan oleh New York University menunjukkan bahwa, beberapa bentuk sentuhan dapat membantu mengurangi rasa sakit. Dalam percobaan itu, apa yang disebut “sentuhan terapi” membantu orang yang mempunyai sindrom fibromyalgia merasakan rasa sakit yang lebih sedikit dari yang biasanya mereka terima. Para peserta juga mengklaim bahwa kualitas hidup mereka telah meningkat dalam 6 sesi perawatan tersebut. Karena berpelukan adalah salah satu bentuk sentuhan, itu juga bisa mengurangi rasa sakit.

 

Leave a Reply