fbpx

Cara Menghilangkan Grogi di Segala Situasi

Banyak dari kalian pasti bertanya-tanya bagaimana cara menghilangkan grogi dalam setiap situasi? Jawabannya adalah bisa tetapi tidak semua situasi. Karena hidup ini memiliki kejutan yang tidak terduga seperti contohnya ada situasi terorisme di mall yang membuat kamu grogi. Secara teknis mustahil untuk tidak grogi dalam situasi antara hidup dan mati karena kita tidak terbiasa menghadapi situasi tersebut.

Tetapi ada juga yang namanya situasi yang terduga dan dapat diprediksi. Seperti contohnya saat kamu harus berbicara di depan umum. Saat malam menjelang hari-H, kamu dapat mempersiapkan diri kamu sebanyak mungkin untuk berlatih di depan cermin agar keesokan harinya dengan harapan kamu dapat berbicara dengan lancar.

Namun sayangnya ketika hari pelaksanaan semua yang kamu  persiapkan langsung buyar begitu berhadapan dengan publik. Rasanya kesal dan malu bukan kepayang kan. Nah untuk kamu yang mudah merasa gugup jangan khawatir, berikut ini cara-cara ampuh untuk menghilangkan rasa gugup kamu:

cara menghilangkan grogi

  • Latihan Nafas Dengan Baik

Apabila rasa gugup tiba-tiba mendatangi kamu di detik terakhir kamu akan melakukan kegiatan, maka kamu bisa mencoba dengan melatih napas sebelum tampil di depan umum. Rasa gugup sangat berpengaruh dengan pola napas anda dan nantinya kamu terlihat tidak siap, seperti kelelahan dan sebagainya. Oleh karena itu, cobalah untuk tarik napas dalam dan buang napas secara perlahan-lahan, jika merasa kesulitan menenangkan diri minta bantuan teman anda atau orang disekitar kamu untuk menuntun menenangkan diri. Karena umumnya jika gugup melanda maka rasa panik juga akan melanda.

focus

  • Fokus

Bukan waktunya lagi kamu khawatir akan hal yang tidak penting. Ketika kamu sedang tampil dihadapan umum, bisa jadi  beberapa audiens tidak mengerti apa yang kamu jelaskan jika gugup tersebut masih ada. Terutama jika kamu menyampaikan hal yang benar-benar mereka butuhkan atau informasi penting. Seringkali karena hal penting maka kamu merasa terbebani dan akhirnya gugup. Jika itu terjadi, maka jangan ingatkan pada bebannya namun ingatkan bahwa kamu ingin membantu orang lain, jangan fokuskan dirimu terhadap mereka, lebih baik fokuskan diri kamu terhadap orang-orang yang memperhatikanmu. Apalagi penonton atau audiens yang mengganggu dengan sikap-sikap yang akhirnya membuat penampilan kamu jelek.

speak

  • Berlatih

Siapa bilang persiapan tidak mempengaruhi rasa gugup. Ketika kamu seringkali berlatih, mengambil aksi dan menempatkan diri kamu pada situasi yang bisa membuat kamu gugup, akan membuat kamu semakin percaya diri. Terutama jika kamu pernah mengalami sebelumnya, maka kamu tidak akan asing dengan keadaan tersebut dan rasa gugup tidak akan melanda dengan buruk.

people

  • Tidak Semua Peduli dengan Anda

Apakah kamu tahu, kenapa rasa gugup muncul ? hal ini terjadi karena kamu terfokus pada apa yang akan orang-orang pikirkan tentang kamu. Padahal faktanya seringkali ada beberapa orang yang justru tidak peduli, tidak terlalu mendengarkan atau sekedar biasa saja ketika mendengarkan kamu. Terutama jika kamu berbicara pada acara besar yang membosankan. Dari keseluruhan penonton percayalah ada 45% penonton yang seperti itu, ingat bahwa ada orang yang juga tidak terlalu peduli dengan anda.

group

  • Bergeraklah

Gugup dan grogi akan semakin terlihat apabila kamu hanya berada pada posisi berdiri yang tegang. Saat berpresentasi atau tampil di depan orang lain cobalah untuk santai seperti halnya menggunakan bahasa tubuh agar gugup dapat tersalurkan melalui gerakan. Contohnya seperti aktif menggunakan tangan saat berbicara ataupun sering berpindah tempat saat mencoba menunjukan tampilan di layar atau berbicara dengan topik yang berbeda.

positive thinking

  • Berpikir Positif

Percayalah bahwa ketika kita berpikir positif maka semua hal tersugestikan positif dan berjalan dengan lancar. Hal yang dimaksud adalah, ketika rasa gugup itu hadir dan kamu memiliki pemikiran positif maka kamu akan mencoba mencari solusi atau cara dengan pikiran yang baik. Sehingga tidak memperparah rasa gugup yang kamu miliki. Ketika kondisi seperti ini kamu bisa memilih respon apa yang akan kamu berikan, jika respon yang kamu berikan negatif, maka hasilnya pun akan negatif. Namun apabila respon yang kamu berikan positif, maka hasilnya pun akan positif.

Sebelum kamu belajar cara menghilangkan grogi, kamu harus terlebih dahulu membaca artikel yang satu ini. Sangat wajib dibaca dan jangan dilewatkan ya guys!

Source: Dosen Psikologi

 

 

 

Leave a Reply