fbpx

Cara Menghadapi Masalah Baru di Era New Normal Ini

Cara menghadapi masalah baru di era new normal ini gampang-gampang susah guys. Banyak orang yang berhasil mengatasi masalah-masalah ini dan terbiasa bekerja bahkan pada situasi sulit seperti ini, tapi ada juga orang-orang yang masih belum berhasil dan masih mempertanyakan cara menghadapi era new normal ini.

Bahkan banyak para pakar di ekonomi bilang, permasalahan pandemi seperti ini tuh munculnya 100 tahun sekali dan ini sangatlah jarang. Jadi santai aja guys, masalah new normal ini gak akan berlangsung lama selama vaksin sudah ditemukan.

Namun siap tidak siap, new normal harus kita sambut. Mengingat ada beberapa hal yang tidak bisa kita kendalikan diluar sana sehingga sangat penting untuk fokus pada persiapan kita menyambut era new normal ini.

Di era new normal ini, ada beberapa masalah baru yang bermunculan seperti susahnya mencari pekerjaan karena bisnis banyak yang tutup dan karyawan di PHK secara besar-besaran, kekhawatiran munculnya pandemi glombang ke-2, Tempat-tempat tertentu seperti lembaga pendidikan banyak yang masih tutup, serta masih ada pembatasan sosial di berbagai tempat sehingga kita harus meeting secara virtual.

Nah cara untuk menghadapi berbagai permasalahan baru di era normal ini, kalian bisa melakukan berbagai hal ini:

Cara menghadapi masalah

  • Kenali Aturan New Normal 

    New normal merupakan kehidupan normal baru, ketika kamu diizinkan untuk melakukan aktivitas seperti biasa, mulai dari bekerja, sekolah, menggunakan transportasi umum, dan lainnya. Bedanya, kamu diwajibkan untuk tetap taat pada protokol kesehatan yang selama ini berlaku.

    Misalnya, tetap menjaga jarak aman dengan orang lain alias physical distancing, mengenakan masker, rajin mencuci tangan, dan lainnya. Selama new normal, kamu pun dituntut untuk menjauhi kerumunan demi menurunkan resiko penularan Covid-19.

    Cara menghadapi masalah

  • Persiapkan Imun Tubuh

    Selama new normal, kamu diwajibkan untuk mempersiapkan imun tubuh dengan cara konsumsi makanan sehat, rajin berolahraga dan istirahat yang cukup. Jika dibutuhkan, konsumsi suplemen multivitamin untuk menjaga sistem kekebalan tubuh tetap maksimal.

    Jika sedang flu, atau tubuh merasa sedang drop, jangan memaksakan diri melakukan aktivitas di luar rumah. Sebaiknya istirahat dan fokus kepada kesehatan kamu. Jika lebih dari 3 hari kondisi kamu masih drop, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter supaya tidak mudah terinfeksi dengan corona (karena ini bisa gawat guys).

    Cara menghadapi masalah

  • Jaga Keamanan Diri dan Keluarga

    New normal bukan berarti ‘pesta kemenangan’ melawan Covid-19. Anda tetap harus membekali diri dengan alat perlindungan diri, seperti mengenakan masker, jaket dan sarung tangan. Saat keluar rumah, Anda pun disarankan untuk menyediakan hand sanitizer.

    Saat pulang ke rumah, sebelum bertemu dan bercengkrama dengan keluarga, pastikan Anda mandi terlebih dahulu. 1-2 hari sekali, bersihkan perabotan rumah, terutama yang sering bersinggungan dengan kita dengan menggunakan cairan desinfektan.

    Cara menghadapi masalah

  • Jangan Parno!

    Covid-19 memang menakutkan, tapi bukan berarti Anda harus waspada secara berlebihan. Paranoid justru akan membuat Anda stres dan melemahkan sistem kekebalan tubuh. Saat stres, otomatis resiko tertular Covid-19 akan semakin besar.

    Untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya kumpulkan informasi dari sumber-sumber akurat, seperti media-media yang kredibel, pusat layanan pemerintah dan lainnya. Hindari sumber-sumber informasi yang berasal dari sosial media, dan sumber anonim yang diragukan kebenarannya.

    Cara menghadapi masalah

  • Biasakan untuk Bekerja Pakai Teknologi

    Selama masa pandemi ini, tidak dipungkiri aktivitas kerjaan kita kebanyakan harus diselesaikan melalui teknologi seperti Laptop, smartphone, tablet dll mengingat masih ada pembatasan sosial berskala besar dan kekhawatiran munculnya pandemi glombang ke-2. Untuk mempersiapkan diri kalian agar tidak terkena virus tersebut, kalian harus mulai membiasakan diri bekerja dengan teknologi.

    Mengapa demikian? Karena perusahaan-perusahaan besar sudah menerapkan sistem kerja dirumah dan jika kamu belum terbiasa dengan sistem seperti ini, ya siap-siap aja akan terkena PHK( amit2 jangan sampe deh). Apalagi kalau kamu saat ini masih belum punya pekerjaan alias pengangguran, maka sebisa mungkin mulailah cari peluang untuk kerja lewat online dan carilah profesi yang bisa bekerja hanya dari laptopnya saja, contohnya desainer, programmer, digital marketer, data scientist, masih banyak lagi. Jadi jangan jadikan gaptek sebagai alasan untuk tidak bisa bekerja lewat online ya guys karena peluang masih ada dimana-mana.

Cara menghadapi masalah

  • Kendalikan Persepsimu

    Tidak dapat dipungkiri, kita cuma bisa mengendalikan persepsi kita tetapi tidak dengan kejadian di luar sana. Jadi fokuslah pada apa yang bisa kita kontrol dan abaikan yang tidak bisa kontrol. Semudah dimulai dengan merapihkan tempat tidur sendiri, berpikir positif, membaca buku, melakukan aktivitas yang menyenangkan, ngobrol santai bareng teman dan keluarga daripada melihat berita-berita negatif tentang coronavirus, pengangguran, PHK dan lain-lain.

    Bagi kamu yang penasaran dengan sumber lain tentang cara menghadapi New Normal, bisa baca artikel ini ya.

Leave a Reply