fbpx

Bagaimana Cara Mengatasi Insomnia

Hoam…Zzzzzzzz

Hai, sobat halowell! Kalau kamu sampai membaca artikel disini, aku bisa menebak ada kemungkinan kamu udah baca puluhan artikel tentang cara mengatasi insomnia sana-sini tapi belum nemu jawabannya.

Meskipun ada jawabannya, tetep aja jawabannya bikin pusing ya kan? Masih mending kalau berhasil setelah dicoba, kalau gak berhasilkan mumet juga, ditambah lagi semua artikel hampir sama semua jawabannya haduh…

Haduhhhhhh

Tapi tenang aja, disini aku bakal kasih kamu cara paling tercepat untuk mengatasi insomnia.

Kabar baiknya juga, aku gak akan kasih kamu cara-cara yang ribet, tapi cara-cara yang akan aku bagikan ini cukup praktis.

Tapi sebelumnya, kalau kamu belum tau apa itu insomnia, aku ngejelasin sangat lengkap di artikel sebelumnya.

Gak mau baca dulu? Ok lah aku jelasin singkat aja ya.

Jadi Insomnia itu bukan penyakit, tapi itu terjadi karena kebiasaan kita yang salah.

Kabar baiknya, kamu tidak usah minum obat tidur untuk penyakit yang satu ini, cukup dengan memperbaiki kebiasaanmu saja sudah sangat manjur buat mengembalikan siklus tidurmu. Ok dah selesai. cukup sesimpel itu.

What??

Belum selesai dong, tenang aja aku bakal jelasin. Jadi cara untuk memperbaiki kebiasaanmu tuh bisa diawali dengan mencatat apa aja sih kebiasaan yang menurut kamu bisa memicu insomnia. Kalau kamu masih belum tau kebiasaan-kebiasaan yang memicu insomnia, bisa kamu baca disini.

GUIDE: Cara Mengatasi Insomnia

1. Mencatat kebiasaan burukmu

Udah nyatetnya bro?

Kalau belum, aku gak akan lanjut ah…

Soalnya percuma nantinya juga kamu cuma baca doang tapi gak di praktekin.

Jadi kamu udah nyatet sekarang? Ok ayo kita lanjut.

Nah dari tiap kebiasaan yang kamu anggap buruk, coba kasih solusi untuk masing – masing kebiasaanya.

Misalnya kamu suka bergadang, kasih solusinya berhenti bergadang dan mulai tidur tepat waktu.

“Misalnya kamu suka main gadget sebelum tidur, cobalah untuk taruh gadgetnya di tempat yang tersembunyi supaya kamu bisa tidur nyenyak.”

Begitu pun seterusnya…

Nah kalau udah ditulis tiap solusinya, coba praktekan.

Sekarang aku mau ngajarin kamu cara berpikir kritis, kamu harus temukan kebiasaan burukmu sendiri, karena tiap orang punya kebiasaan yang berbeda dan satu hal yang kamu harus ketahui…

Meskipun suatu cara bekerja untuk seseorang, belum tentu bekerja untuk kamu, kita semua memiliki permasalahan yang berbeda dan butuh solusi yang berbeda pula” – Niki Raizen

Jadi ketika kamu membaca atau mendengarkan konten dari orang lain, kamu harus mulai mempertanyakan kembali apakah itu cocok buat kamu, kalau gak cocok dan gak bekerja, ya kamu harus cari cara lain yang berbeda.

Pokoknya terus cari cara sampe cara itu ampuh buat ngatasin permasalahanmu itu.

Lalu setelahnya kamu bisa menambahkan kebiasaan positif yang bisa melenyapkan insomnia seperti minum susu hangat, mandi tiap hari, tidur dan bangun selalu tepat waktu selama tiap harinya, dll ( Silahkan baca di sumber lain untuk kebiasaan-kebiasaan yang positif )

Kalau kamu udah sampai sini, ada step ke 2.

2. Rapihkan dan Kondisikan Ruanganmu

Bersih-bersih yok

Kesannya sepele, tapi sangatlah penting buat kondisi batinmu.

Karena ruangan kita itu adalah refleksi dari jiwa kita. Kalau ruangan kita kotor ya otomatis terlihat dari kebiasaan kita pun juga ada yang salah.

Sejorok-joroknya kamu, pasti ada perasaan kamu tuh gak betah tinggal di ruanganmu yang seperti kapal pecah itu. Dan kalau kamu coba untuk sehari aja untuk tinggal di hotel atau di tempat lain, dijamin deh kamu bisa tidur terlelap.

Selain membersihkan dan merapihkan ruangan, kamu harus mengatur suhu ruanganmu juga sampai senyaman mungkin, terus juga sebisa mungkin kalau tidur lampu harus selalu dimatikan, selain bisa membuatmu tidur nyenyak, itu juga bisa mengirit anggaranmu.

3. Kode cheat untuk insomnia

Source : frontierinternet.com

Nah cara yang satu ini adalah cara terakhir kalau semua cara yang udah kamu lakukan tuh gak bekerja. Tapi cara ini gak aku saranin ya, karna cara ini udah bekerja sendiri kalau buatku. Biasanya aku pakai cara ini kalau udah nyerah nyoba pakai cara a,b,c…z.

Bisa kubilang cara ini adalah cara curangku kalau untuk melenyapkan insomnia secara cepat. setidaknya butuh waktu selama 2-3 hari atau bahkan selama 1 minggu biar cara ini bekerja.

Tetapi ada resikonya kalau pakai cara ini, kenapa ada resikonya? karena cara ku ini bisa menimbulkan yang namanya Sleep Debt/ Hutang tidur.

Tapi ya aku udah pake cara ini berkali-kali dan itu berhasil hehe. Kalau untuk saya pribadi sih cara ini gak ada resikonya, tapi untuk kamu halowell readers, sebaiknya pertimbangkan pakai cara ini.

Karena ingat quoteku yang di atas, meskipun cara ini bekerja untukku, belum tentu bekerja untuk kamu, jadi temukan caramu sendiri ya kalau seandainya cara ini gak bekerja untuk kamu.

Sekali lagi disclaimer : cara ini sangatlah extreme untuk semua orang, hanya untuk orang kuat aja seperti aku (huahaha) yang bisa melakukan cara ini.

Caranya adalah dengan tidak tidur selama 1 hari.

Kenapa begitu? karena dengan tidak tidur selama 1 hari, itu bisa meriset ulang jam tidurmu sehingga untuk keesokan harinya setelah kamu bergadang selama 24 jam, saat malam harinya kamu bisa tidur pulas.

Mungkin agak susah untuk kamu yang baru mau mencoba cara ini, karena belum tentu juga kamu bisa bergadang selama 24 jam tanpa tidur. Saya yakin untuk pertama kalinya mencoba, mungkin kamu bisanya cuma 12-15 jam an abis itu tidur lelap.

Cara untuk tidak tidurnya gimana? Cari aktivitas yang bisa membuatmu kecanduan seperti main game, baca buku, ajakin bergadang gebetan/pacarnya ( cie…). Pokoknya aktivitas yang membuatmu sulit tidur selama 24 jam.

Jadi 1 hari gak tidur, 1 hari esoknya baru tidur. Dan jangan lupa siapin alarm untuk bangun supaya kamu bisa konsisten bangun dan tidur setiap hari pada jam yang sama. Karena bangun dan tidur pada jam yang sama bisa ngebentuk pola kebiasaan yang baik untuk jangka panjangnya guys.

Baca juga, 5 Kebiasaan yang Bisa Meningkatkan IQ Kamu!

Jadi kamu udah gak perlu takut lagi untuk tidur dan bangun tidak tepat waktu.

Sebagai buktinya, aku aja sekarang bisa bangun tanpa alarm dan tidur lagi saat malemnya pada jam yang sama.

Jadi ya cara ini cocok untuk aku, tapi aku masih belum tau kalau untuk kamu.

Jadi sobat Holawell, apakah kamu mau mencoba cara mengatasi insomnia ini?

Ingat lho ya ini tidak disarankan!! Karena bisa menyebabkan masalah kesehatan kalau untuk orang lain. Meskipun aku saat ini sehat-sehat aja setelah pakai cara ini, belum tentu kamu bisa selamat. So try it is your own risk!!!

Leave a Reply