fbpx

5 Cara memulai Gaya Hidup Minimalis

Gaya hidup minimalis merupakan sebuah gaya hidup sederhana berlawanan dengan gaya hidup materialistis yang serba glamor dan juga berlebihan. Gaya hidup yang Materialistis sangat berdampak kepada jumlah pengeluaran setiap bulan. Sementara itu gaya hidup minimalis secara fakta sangat meringankan jumlah pengeluaran kamu setiap bulannya! Dari memulai memilih barang yang benar benar sangat diperlukan untuk kita, memilih barang yang berkualitas bukan kuantitas dan juga membeli barang sesuai kebutuhannya.

Holamin ingin memberikan bagaimana cara kalian untuk memulai gaya hidup minimalis!

Bereskan barang-barang yang sudah tidak terpakai

Awali dengan kamu membereskan barangyang sudah tidak terpakai di kamar kamu dulu deh. Kamu pilih barang apa yang masih dipakai ataupun sudah tidak terpakai. Dimulai isi lemari, kamu bisa pilah pilah mana yang masih ataupun tidak. Setelah kamu sudah tau barang tersebut terpakai atau tidak. Kamu bisa memberikan kepada orang terdekat ataupun saudara yang membutuhkan dari isi kamar kamu!

 

Tentukan kualitas bukan kuantitas

Gaya hidup minimalis itu bukan kita serba tidak punya ataupun melarang kamu untuk belanja. Melainkan membeli barang yang berkualitas dan juga sering dipakai oleh kamu! Seperti contohnya kamu membeli Jam tangan. Yang diperlukan menurut Holamin sih sebenernya 2. 1 jam tangan untuk sehari-hari dan 1 jam tangan untuk keperluan Formal seperti Acara Pernikahan, Meeting dengan Client pekerjaan. Tapi kalau kalian mempunyai banyak jam tangan bisa jadi kalian kelupaan ataupun tidak sempat mengganti jam. Mending kalian pilih – pilih barang yang berkualitas dan sering kalian pakai aja!

Jangan membeli barang yang tidak diperlukan

Saat ini banyak sekali orang yang membeli barang bukan karena kebutuhan melainkan karena gengsi. Alhasil banyak barang menumpuk. Sedari sekarang, mulailah fokus membeli barang-barang yang benar-benar dibutuhkan saja. Dengan begitu uang bulanan kamu akan banyak tersisa sehingga bisa untuk ditabung.

Merawat Barang yang Kalian Miliki

Dimulai dari kalian memilah barang apa yang berguna, menentukan kualitas barang dan kalian sudah tidak membeli barang yang diperlukan. Sekarang Kalian wajib merawat barang yang sudah maksimalkan. memiliki barang yang lebih banyak, maka pasti Kalian cenderung malas untuk melakukan perawatan atas barang tersebut. Kebiasaan ini ternyata membuat masa pakai barang yang dimiliki menjadi lebih singkat dan konsekuensinya adalah pembelian barang baru mau tidak mau dilakukan saat barang tersebut rusak. Hal ini tidak disadari menjadi pemborosan yang tidak seharusnya Kalian lakukan.

Lakukan perawatan rutin atas barang yang sering Anda pakai sehari-hari seperti mobil, motor, smartphone, laptop, jam tangan dan barang barang yang kalian sudah maksimalkan. Perawatan yang dilakukan terhadap barang-barang tersebut membuat masa pakai barang lebih tahan lama dan membuat Anda tidak perlu terlalu sering membeli barang pengganti.

Ubah budgeting keperluan tiap bulan

Kalau kalian sudah memulai gaya hidup minimalis, kalian harus merubah budgeting keperluan setiap bulan. Jangan menjadi konsumtif beli dengan sesuai keperluan yang memang harus di beli. Apabila barang tersebut sudah tidak layak atau wajib di ganti boleh saja membeli. Tapi tentukan prioritas pengeluaran yang wajib!­

Setelah kalian semua sudah mencoba langkah langkah diatas, cobalah merubah mindsetmu dengan menerapkan hidup minimalis bahwa kamu sudah memiliki cukup barang dan tidak perlu lagi membeli barang yang tidak diperlukan. Terkadang barang-barang yang berlebihan hanya akan menambah beban baik secara fisik maupun emosional.

baca juga: 5 Cara mencintai Diri Sendiri

 

Leave a Reply